Peran Pemuda Di Masa Pandemi

Peran Pemuda Di Masa Pandemi

Berbicara soal pemuda tentunya ada harapan yang menggelora untuk bangsa kita indonesia.
Apalagi dewasa ini bangsa kita sedang di Uji di beberapa sektor, termasuk sektor pendidikan, karena pandemi Covid 19 ini yang mengharuskan setiap pelajar atau mahasiswa untuk belajar dirumah.
Ini ujian buat para pemuda khususnya, umumnya bagi masyarakat indonesia.

Selama penerapan belajar dari rumah atau sekolah daring, kegiatan literasi anak-anak berkurang. Karena aktivitas kunjungan ke perpustakaan sekarang ini, sangat dibatasi, selain itu di daerah² terpencil kurang adanya kesadaran orang tua untuk membimbing anaknya menumbuhkan minat baca dan berliterasi.

Dan disinilah peran pemuda diharapkan menjadi Agent of Change, yaitu pihak yang membawa perubahan dan mendorong terjadinya transformasi dunia ke arah yang lebih baik, melalui perbaikan dan pengembangan serta menghadirkan inovasi² baru, khususnya dibidang literasi.
Kita harus bergerak berkolaborasi dengan lintas sektoral melalui gerakan literasi.

Misalnya coba untuk menyediakan tempat bacaan di daerahnya masing² dengan membuat taman baca, seperti project yang sedang saya rintis, yaitu “Saung Baca Kragilan” yang merupakan wadah pengembangan literasi di pelosok negeri, sebagai media penunjang belajar anak selama sekolah daring ini. Adapun aktivitasnya yaitu membaca barsama, belajar sambil bermain dan olahraga pagi.
Jadi teman² pemuda bisa mengajar dan berbagi semangat kepada adik² pelajar melalui media ini, tentunya dengan tetap jaga jarak aman dan patuhi protokol kesehatan.

Ini memang gerakan kecil, tapi insyaalloh investasi ini akan dirasakan kelak di dunia maupun akhirat, serta ikut berkontribusi langsung menuju indonesia emas 2045. Selain itu juga dapat memberi efek untuk menerapkan kebiasaan² positif di masa pandemi.

Keadaan ini memang memaksa kita untuk berpikir kritis dalam menghadapi posisi² sulit seperti ini, kita para pemuda indonesia khususnya dituntut untuk berpikir Out Of the Box dan Sudah saatnya kita bergerak 💪💪💪

Sebenarnya luar biasa sekali tantangan para pemuda hari ini begitu berat, tapi mau ga mau harus kita hadapi !!!💪💪 Bangsa ini butuh gerakan nyata dari anak muda indonesia, bukan hanya sebuah wacana dan teori saja.

Ayo bangkit para pemuda indonesia…
Tunjukan kehebatanmu…
Mari kita selamatkan anak indonesia dari buta huruf…

Terimakasih

#Salam Literasi

 

Elis Karwati Sri Mulyani

Founder : SAUNG BACA KRAGILAN

IG : SAUNG BACA KRAGILAN

Bagikan Yuk!

Tinggalkan Balasan