WAKTU MUDA BAGAIKAN EMAS BERHARGA

WAKTU MUDA BAGAIKAN EMAS BERHARGA

Waktu selalu berjalan dan tidak akan pernah bisa diulang kembali. Orang yang tidak bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya sebenarnya sangat merugi Banyak hal yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan waktu, lebih-lebih di waktu muda. Waktu untuk berprestasi dan berkarya.
Anak muda itu harus semangat belajar, bekerja rajin, melakukan berbagai aktivitas positif, dan lain sebagainya. Jangan di balik apabila anak muda malas belajar, malas bekerja atau melakukan aktivitas lainnya, maka tunggu kehancuran generasi selanjutnya. Anak muda pula harus mempunyai target tentang apa yang akan diselesaikan dalam waktu tertentu. Contoh; Hendi siswa sekolah Menengah Atas, ia mempunyai target peringkat 1 di kelas, maka yang harus dilakukan Hendi adalah belajar, belajar, dan belajar. Tapi jangan lupakan untuk berdoa supaya paham materi yang dipelajari.
Jauhkan pandangan berputus asa dari benak anak muda ketika dalam masa sulit. Ingatlah bahwa waktu akan terus berjalan tak peduli apa yang sedang kamu rasakan. Semua yang kamu hadapi pasti ada jalan keluar. Jangan buang waktumu wahai anak muda untuk meratapi kesedihan dan galau berlebihan, manfaatkan waktu luangmu untuk melakukan hal positif. Banyak orang mengatakan bahwa berjalannya waktu dapat menghilangkan perasaan sedih atau terluka. Sembari menunggu kesembuhan luka tersebut, ada baiknya jika kamu bersemangat untuk bangkit sembari melakukan aktifitas yang bermanfaat. Ketika kesedihanmu telah hilang kamu tidak membuang waktumu dengan percuma karena sudah ada yang telah kamu lakukan.
Memanfaatkan waktu dengan baik, hidup ini butuh tujuan. Tujuan akan mampu dicapai dengan baik dengan suatu perencanaan yang matang. Jika kamu ingin mencapai segala apa yang ingin kamu impikan, jangan lupa untuk membuat rencana mengenai hal apa saja yang ingin kamu lakukan. Buatlah target pencapaian dalam periode waktu tertentu. Sesungguhnya orang sukses melakukan suatu perencanaan yang matang dalam hidupnya. Mereka selalu menghabiskan waktunya untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat demi terwujudnya impian.
Selanjutnya anak mudah bahkan orang tua pun biasakan tepat waktu, “Lebih baik datang 3 jam lebih awal daripada terlambat 1 menit.” (William Shakespeare). Sangat dianjurkan untuk menjadi orang yang tepat waktu. Prinsip kata bijak ini sebaiknya diaplikasikan pada setiap kesempatan. Orang yang selalu tepat waktu akan mampu mencapai kesuksesan lebih cepat dibandingkan dengan orang yang tak pernah bisa on time. Karena salah satu ciri orang sukses ialah datang tepat waktu. Membiasakan diri untuk bisa tepat waktu memang bukan hal yang mudah. Kebiasaan tepat waktu bisa diusahakan dengan melatihnya.
Anak muda yang baik akan menghabiskan waktunya untuk melakukan berbagai kegiatan positif yang bermanfaat baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Sebab waktu tak akan pernah bisa berputar kembali. Jadi, sebaik mungkin isi waktumu dengan hal-hal yang berguna. Siapa saja pasti bisa menghabiskan waktu yang ia miliki. Namun, pertanyaannya ialah apakah yang dilakukan untuk menghabiskan waktu yang dimiliki dapat memberikan manfaat untuk masa yang akan datang?
Anak muda yang tidak bisa menyelesaikan masalah karena mereka tidak mampu mengatur waktu secara baik. Seharusnya mereka bisa menyelesaikan tugasnya tepat waktu, mereka harus lebih ekstra dalam memanfaatkan waktu yang mereka miliki. Mungkin ada beberapa hal yang harus mereka korbankan seperti waktu menonton TV, main game, atau berkumpul bersama teman-teman yang tak kenal waktu harus mereka kurangi. Selain itu, mereka juga perlu menghindari menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak berguna seperti memantengin sosial media hampir setiap waktu. Kegiatan ini tak terasa akan membuat mereka kehilangan banyak waktu yang sebenarnya dapat dimanfaatkan untuk mengerjakan tugasnya yang sudah menumpuk.
Kesempatan masa muda, tak akan bisa terulang kembali. Oleh karena itu, segera manfaatkan waktu mudamu untuk membawa nama baik negeri ini. Perlu diketahui bahwa kesempatan baik akan datang kepada orang yang pandai memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. Karena mengisi waktu dengan melakukan berbagai hal yang positif, maka orang akan memiliki kesempatan baik dalam hidupnya. Akan tetapi, hal ini berbeda dengan orang yang tak pernah mengisi waktu dengan hal positif. Kesempatan baik akan sulit menghampirinya.
Jangan sampai waktumu terbuang sia-sia karena itu akan merugikan diri sendiri Manfaatkan waktu muda kita dengan hal-hal positif. Anak muda generasi Indonesia sebagian besar sudah dijajah oleh smartphone dengan berbagai game, mereka habiskan waktu mudanya dengan bermain game, sampai lupa waktu, kapan mereka harus belajar. Mereka tiap malam begadang sampai-sampai mereka terkena gangguan jiwa.
Setelah membaca artikel di atas, diharapkan para generasi muda indonesia bisa lebih bijak dan menghargai waktu serta memanfaatkannya untuk hal-hal yang bermanfaat.

Penulis : Wahyudin
Editor : MENFO IKBA

Bagikan Yuk!

This Post Has One Comment

  1. Idah

    barokallah
    izin share akhi

Tinggalkan Balasan